RANGKUMAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN)




SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

PROSES MANAJEMEN
Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
  • Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
  • Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
Menurut Francisco Proses Manajemen adalah suatu proses Penukaran terhadap nilai dan jasa

ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Disekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan sistem manual atau pencatatan manual dalam penilaian siswa.
Di Era perkembanga teknologi seperti sekarang ini Institusi pendidikan dituntut untuk dapat menguasai teknologi, dimana harus menguasai teknologi dan sistem informasi guna kegiatan sehari-hari. Dibeberapa sekolah masih mengguanakan sistem manual terutama dalam penilaian mata pelajaran siswa, untuk itu dibutuhkan sistem informasi penilaian untuk memudahkan penginputan data nilai.
Dalam merekap nilai dapat menggunakan DFD, IRD, dan HIPO, untuk membantu merancang desain sistemnya.






DFD Sistem Informasi Penilaian Siswa



Paparan Sistem
1.     Guru menginput data absen pada sistem informasi penilaian siswa.
2.     Data yang telah di input dicek oleh wali kelas apakah sudah masuk.
3.     Wali kelas membuat rekap nilai rapot.
4.     Nilai yang telah dicetak diserahkan kepada murid.

ERD Sistem Informasi Penilaian Siswa



Berikut ini adalah field-field beserta tipe datanya


Berikut ini adalah relasi antar tabel yang terdapat didalam sistem informasi penilaian siswa


HIPO (HIERARKY INPUT PROCESS OUTPUT)


Karena kita menggunakan aplikasi berbasis webbase maka bahasa pemograman yang kita gunakan yaitu PHP, dengan editornya menggunakan notepad++.
Pada nagian skrip cetak berfungsi untuk melakukan pencetakan data dari hasil input nilai dari semua guru.
Untuk mengatasi masalah dalam penginputan nilai di sistem penilaian. Contoh masalahnya adalah, jika data tidak ditemukan yang harus dilakukan
1.     Harus dicek kelas yang berkaitan dan mata pelajaran yang bersangkutan.
2.     Kemudian lakukan kordinasi dengan pihak akademik untuk dilakukan penginputan data.

Saya rasa sekian penjabaran mengenai analisis perancangan sistem informasi penilaian siswa untuk lebih lengkapnya dapat anda lihat di alamat youtube berikut:
https://youtu.be/P0mpQTzzn60




Komentar